TUTORIAL PHOTOSHOP I Cara Memberi Efek Jadul Pada Foto

Assalamualaiku Wr. Wb
Kali ini CaraPSD sharing mengenai bagaimana cara memberi efek jadul pada foto.
Didalam trik ini kita akan bermain dengan gradient map yang mana fungsinya sangat kompleks dari yang paling sederhana yaitu memberi efek warna cahaya pada gambar. Sehingga dengan trik ini mampu membuat foto menjadi hitam putih pula. Tetapi stepnya mungkin lebih ribet di banding tutorial saya sebelumnya tentang bagaimana cara membuat foto menjadi hitam putih.Tetapi kali ini saya tidak akan membahas itu. Disini saya akan membahas tentang bagaimana membuat efek jadul atau vintage.
Dengan efek ini nantinya foto kalian akan menjadi terlihat jadul dan kemasalaluan alias seperti tahun orde lama atau lebih tua. Yaudah, dari pada kalian melongo mulu mending kita langsung keintinya. Chek this out.
Langkah 1
Buka file yang ingin anda beri efek jadul, dengan cara klik file > open atau klik CTRL+O lalu pilih gambar kemudian klik ok. Disini saya memakai foto ketika saya menjadi panitia kegiatan pramuka di SMA saya. Untuk para tokoh yang terlibat maaf nggak saya kasih royaltinya,hehe
Langkah 2
Klik layer > new adjusment layer > gradient map


Kemudian akan muncul sebuah tab lalu berikan nama pada setelan tersebut “jadul” atau terserah kalian ingin memberi nama apa.


Langkah 3
Setelah anda membuat gradient map kemudian disamping lembar kerja akan muncul sebuah tab. Lalu klik opsi gradient map tersebut. Seperti gambar di bawah :



Setelah anda mengklik opsi tersebut kemudian akan muncul tab baru. Kemudian aturlah seperti gambar dibawah.



Kemudian akan muncul tab lagi lalu pada kode warna tuliskan ca8f31 seperti gambar dibawah




Lalu klik ok untuk dua tab yang muncul tadi. Sehingga nantinya tampilan gambar seperti ini:


Langkah 4
Pada langkah terakhir ini ubah blend mode menjadi color


sehingga tampilan gambar berubah menjadi seperti gambar jadul. Dan hasil akhirnyapun seperti ini :


mudah bukan ?
mungkin sekian artikel dari saya. Apa bila ada kekurangan dalam penyampaian saya mohon maaf sebesar-besarnya.
Kemudian bagi yang ingin berkomentar bisa berkomentar di kolom komentar dibawah.
Terima kasih

Wassalamualaokum Wr. Wb
Tag : PHOTOSHOP
1 Komentar untuk "TUTORIAL PHOTOSHOP I Cara Memberi Efek Jadul Pada Foto"


Terimakasih infonya sangat membantu
salam Aqiqah Jogja

Back To Top