TUTORIAL PHOTOSHOP l Fungsi Marquee Tool dan Lasso Tool


Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali in CaraPsd akan menjelaskan salah satu tool di dalam photoshop yaitu marquee tool dan lasso tool.
Marquee tool dan lasso tool merupakan salah dua tool didalam Photoshop yang digunakan untuk memotong bagian yang dipilih. Bagian yang dipilih itu juga dapat dipindahkan ke lembar kerja yang lain. Sehingga tool ini biasa dipakai oleh editor untuk mengedit gambarnya.
Marquee tool ini hampir memiliki fungsi sama dengan lasso tool, karena mimiliki fungsi yang sama yaitu memotong gambar tanpa menghilangkan bagian lain yang tidak dipotong. Perbedaan antara marquee tool dengan lasso tool hanya terletak pada bentuk seleksinya. Jika marquee tool hanya bisa menseleksi objek dengan bentuk yang terbatas seperti persegi dan lingkaran. Sedangkan lasso tool menggunakan tarikan mouse untuk nantinya akan bertemu ditempat mulai untuk membuat sebuah objek. Sehingga bisa dikatakan bahwa lasso tool memiliki hal yang mencakup marquee tool sedangkan marquee tool tidak memiliki fungsi yang mencakup lasso tool.
1.       Marquee tool
Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa marquue tool memiliki fungsi seleksi yang berupa persegi maupun lingkaran. Tetapi untuk lebih jelasnya kita lihatlah gambar dibawah



Gambar diatas merupkan fungsi marquee tool, pada gambar diatas hasil dari seleksi dapat dipindahkan. Yang patut untuk dipahami adalah ketika kita memindahkan objek didalam lembar kerja itu sendiri maka yang terlihat dari bekas pengambilan objek tersebut merupakan background lembar kerja. Sedangkan jika objek seleki dipindahkan ke lembar kerja yang lain maka gambar akan terlihat sama alias tidak berubah. Seperti gambar di bawah ini.


Selain memiliki fungsi rectanguler dan elipse. Marquee tool juga memiliki fungsi sepeti dibawah ini:


Fungsi rectangular dan elipse sudah saya jelaskan diatas. Namun dua fungsi dibawahnya belum saya jelaskan.

Fungsi dua subtool ini adalah memblurkan gambar sesuai dengan apa yang diseleksinya, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:


Untuk fungsi kedua tool ini sebenarnya juga hampir sama, namun hanya arahnya saja yang berbeda. Pada single row marquee tool akan mengambil seleksi mendatar sedangkan single colomn marquee tool akan mengambil seleksi vertikal.
2.       Lasso tool
Yang kedua adalah lasso tool. Lasso tool memiliki peran yang lebih kompleks dibandingkan marquee tool. Karena tool ini terdiri dari titik-titik yang akan kita bentuk menyesuaikan pada gambar yang nanti akan dieksekusi.
Berbeda dengan marquee tool yang hanya terpaku pada seleksi persegi maupun spiral. Lasso tool lebih elastis dalam penggunaanya karena tidak terpaku pada bentuk seleksi, namun kita bisa membuat bentuk seleksi sendiri sehingga dapat membuat kita bebas bereksperimen tanpa terganjal ruang seleksi.
Meskipun fungsinya yang kompleks, namun lasso tool sangat mudah digunakan. Kita hanya perlu mengklik kiri bagian pinggir objek, kemudian tarik seperti anda menggambar. Dan sesuaikanlah dengan objek yang ingin anda seleksi sehingga hasil anda akan lebih bagus.
Dengan lasso tool anda bebas menseleksi gambar. Contoh kebebasan dalam menseleksi gambar dengan marquee tool adalah seperti gambar berikut:



Dan yang harus anda tau juga bahwa lasso tool juga memiliki sub tool juga, seperti penampakan di bawah ini:


●polygon tool
  Tool ini menggunakan titik sebagai alat seleksinya, titik-titik yang dibuat nanti akan tersambung secara otomatis ketika anda klik kiri pada objek anda. Sehingga inti dari tool ini adalah anda harus membuat titik-titik ini berputar memutari objek yang akan anda edit sampai nantinya terjadi pertemuan pada titik awal anda membuat titik.
Layaknya balapan motor atau mobil yang tracknya berputar sehingga garis finis dan start pada satu titik. Sama juga dengan halnya polygon tool. Anda harus membawa titik itu menuju awal dia bermula sampai pointer bertambah lingkaran dibagian atasnya.
●Magnetic lasso tool
Tool yang satu ini merupakan gabungan dari polygon tool dan lasso tool. Karena dalam penggunaanya anda hanya klik satu kali pada awal dan selanjutnya anda tinggal menarik mouse tanpa mengklik melewati pinggiran objek yang ingin anda seleksi sehingga nantinya akan membentuk titik secara otomatis.


Pada prakteknya titik garis yang menghubungkan satu titik ke titik lain akan secara otomastis menyesuaikan dengan pola objek yang ingin anda seleksi. Sehingga sangat direkomendasikan karena mudah untuk pemakaianya.
Itulah fungsi marquee tool dan lasso tool. Jika ilmu yang saya sampaikan ini berguna maka praktikanlah. Karena ilmu yang berguna adalah ilmu yang dipraktikan.
Sekian tulisan dari saya, apabila ada kekurangan dalam penyampaian isi materi saya meminta maaf sebesar-besarnya karena saya hanyalah manusia biasa. Dan jika kamu ingin memberikan saran dan kritik silahkan berkomentar di bagian kolom komentar.
Terima kasih telah membaca tulisan saya.
Wassalamualaikum Wr.Wb





Tag : PHOTOSHOP
0 Komentar untuk "TUTORIAL PHOTOSHOP l Fungsi Marquee Tool dan Lasso Tool"

Back To Top